You are here
Home > Otomotif

Ternyata Sabuk Keselamatan Berbahaya Bagi Si Kecil

Salah satu  fitur keamanan yang selalu tersedia di mobil adalah sabuk keselamatan. Dimana nantinya sabuk keselamatan ini wajib digunakan oleh para pengemudi atau penumpang.  Selain sabuk keselamatan kini sudah semakin banyak pula mobil yang tersedia fasilitas airbag. Namun ternyata yang namanya sabuk keselamatan dan juga airbag ini justru berbahaya bagi si kecil. Apalagi ada peringatan kalau dilarang untuk menempatkan anak kecil pada jok bagian depan.  Memang benar sekali, yang namanya sabuk keselamatan dan juga airbag justru akan sangat berbahaya bagi anak kecil. Karena fitur keselamatan tersebut bukan didesain untuk anak-anak. Sabuk keselamatan pada mobil sendiri memiliki 3 titik pengikat, sehingga untuk bisa mengenakannya maka sabuk tersebut harus di lintangkan melewati bahu dan juga tidak mengenai bagian leher. Selain itu juga penggunaan dari sabuk pengamanan ini sebaiknya harus serendah mungkin di bandingkan dengan bagian atas pinggul. Serta angkur pada sabuk pengaman tidak boleh lebih rendah dibandingkan dengan bahu. Oleh karena itu, memang sabuk pengaman tidak bisa digunakan oleh anak-anak.

Sabuk Mobil

Fitur dari sabuk keselamatan ini memang ini memang sangat penting sekali bagi para pengendara ataupun si penumpang. Karena jika nantinya terjadi kecelakaan maka sabuk akan mengerat, sehingga bisa mengurangi terjadinya resiko cedera pada leher ataupun kepala pengemudi ataupun penumpang.  Sebaiknya memang jika membawa anak kecil, jangan memangkunya di jok bagian depan. Sebab seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kalau sabun keselamatan tersebut didesain hanya untuk digunakan oleh 1 orang saja.

Lalu bagaimana dengan fitur keselamatan yang lainnya seperti airbag, apakah tidak aman juga bagi anak-anak. Fungsi utama dari airbag ini adalah untuk membantu menghidarkan bentukan keras dashborad saat terjadi kecelakaan. Namun karena kekuatannya yang cukup luar biasa, airbag justru sangat berbahaya sekali bagi anak-anak. Serta bisa menyebabkan terjadinya cidera yang serius dan juga menyebabkan kematian bagi si kecil. Terutama jika si kecil duduk di jok bagian depan, maka akan semakin besar resiko yang akan dialami. Karena nantinya saat terjadi kecelakaan atau benturan yang keras pada mobil, justru airbag tersebut akan membentur kepala anak dan membuatnya menjadi menekuk. Tentu saja hal tersebut sangat berbahaya sekali. Sebaiknya posisi airbag dengan pengemudi atau penumpang idealnya memiliki jarak sekitar 25cm.

Bagaimana, ternyata anda sudah tau sekarang kalau airbag dan juga sabuk keselamatan pada mobil justru bisa membahayakan bagi si kecil. Untuk itu, sebaiknya memang jangan memangku si kecil di jok pada bagian depan. Supaya berkendara pun menjadi lebih nyaman dan aman lagi. Info atau artikel mengenai otomotif yang lebih lengkap dan juga menarik lainnya bisa anda dapatkan dengan mengunjungi situs caramobi.com

Leave a Reply

Top