You are here

Lihat! Ada Perahu Raksasa Terbalik di Jawa Barat

Tangkuban Perahu

Ini gawat. Di Jawa Barat ada perahu yang sudah terbalik selama puluhan ribu tahun!

Eits, jangan syok dulu. “Perahu terbalik” yang dimaksud di sini bukan perahu dari laut atau sungai, melainkan Tangkuban Perahu yang memang sudah lama “terbalik” di provinsi ini.

Gunung api aktif yang satu ini berada di perbatasan Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat. Kalau kamu melihat panorama gunung ini dari daerah Maribaya Lembang, kamu bisa melihat bentukan perahu terbalik yang paling jelas. Wih, kenapa bisa begitu, ya?

Menurut legenda, Gunung Tangkuban Perahu bisa tampak seperti perahu terbalik karena ditendang oleh Sangkuriang. Alkisah, Sangkuriang yang ingin menikahi ibunya sendiri diharuskan membuat kapal. Karena usahanya digagalkan oleh ibunya, maka Sangkuriang marah besar dan menendang kapalnya. Kapal ini ditendang sampai terbalik, hingga pada akhirnya menjelma menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Tangkuban Perahu
Tangkuban Perahu

Kamu boleh percaya atau meragukan kebenaran legenda Sangkuriang ini. Namun, kalau sudah membicarakan tentang eksotisme Gunung Tangkuban Perahu, kamu pantang untuk meragukan keindahannya.

Tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu destinasi liburan terpopuler di sekitar Kota Bandung. Menurut penelitian geologi, gunung ini terbentuk sekitar 90 ribu tahun lalu karena aktivitas kaldera Gunung Sunda.

Tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Pesona sunrise dan sunset di gunung ini bisa membuat siapa pun tergoda untuk membidik keindahannya dengan kamera.

Untuk bisa mendaki puncak tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu, kamu cuma perlu menuruti rute yang tersedia. Nggak perlu mendaki lewat alam liar sampai kecapekan. Kendaraanmu pun bisa dibawa naik kalau memang kamu terlalu lelah untuk berjalan kaki.

Selain itu, tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu memiliki tiga kawah utama yang bisa kamu kunjungi. Kawah utama ini disebut sebagai Kawah Ratu, Kawah Upah, dan Kawah Domas. Ketiga kawah ini kabarnya sudah ada sejak tahun 19-60-an. Kamu bisa memilih ingin mengunjungi kawah yang mana. Kawah Ratu adalah kawah terbesar dengan dinding terjal, sedangkan Kawah Upas adalah kawah dengan pemandangan yang paling indah.

Terakhir, Kawah Domas adalah kawah yang paling diminati karena menyediakan pemandian air panas alami yang mengandung belerang. Nah, jadi bingung kan? Ya sudah, jangan dipikirkan. Lebih baik kunjungi tiga-tiganya saja supaya nggak penasaran.

Meski aktivitas menikmati panorama tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu bisa membuatmu lupa waktu, jangan lupa sempatkan diri buat belanja di Pasar Seni Tangkuban Perahu. Di sini, kamu bisa menemukan barang-barang unik khas tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu sebagai oleh-oleh. Sudah dapat indahnya, dapat pula souvenirnya. Kurang apalagi, coba?

Tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Lembang, Jawa Barat. Kalau kamu berlibur dengan menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mencapai lokasinya melalui tiga jalur yang bisa dipilih. Tiga jalur ini adalah Pintu Tol Pasteur, Pintu Tol Sadang, serta Baros. Kalau naik kendaraan umum, dari terminal Bandung, silakan naik bis jurusan Bandung-Indramayu via Subang dan turun di pertigaan gerbang Tangkuban Perahu.

 

Harga tiket masuk ke tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu cukup terjangkau. Turis lokal hanya dikenakan biaya Rp 20.000,- untuk weekdays dan Rp 30.000,- untuk weekend. Harga ini berbeda untuk turis asing yang dikenakan biaya Rp 200.000,- untuk weekdays dan Rp 300.000,- untuk weekend. Biaya parkirnya menyesuaikan dengan jenis kendaraan yang kamu gunakan.

Jangan menunda lagi untuk berkunjung tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu. Pesona “perahu terbalik” dengan pemandangan memikat ini pasti bisa bikin kamu takjub. Segera cek tiket pesawat online dan terbanglah ke Jawa Barat. Gunung Tangkuban Perahu dengan sejuta pesonanya sedang menunggu kamu!

 

Leave a Reply

Top