You are here
Home > Lifestyle

Kode Tipe Wadah Plastik yang Aman Untuk Digunakan

Wadah plastik menjadi wadah andalan yang Anda manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Entah untuk menyimpan makanan, membawakan bekal untuk anak, tempat air minum dan lain sebagainya. Wadah plastik yang hadir dengan berbagai bentuk dan fungsi memang membawa banyak kemudahan. Tapi apakah Anda sudah memastikan bahwa wadah plastik yang digunakan benar-benar aman bagi kesehatan? Terlebih Anda belum paham betul tentang tipe wadah plastik.

Tipe Wadah Plastik

Diperlukan ketelitian saat membeli wadah plastik dimana Anda harus memastikan bahwa wadah yang akan dibeli tersebut berkategori food grade. Kategori ini untuk menunjukkan bahwa wadah yang akan dibeli aman sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan makanan maupun minuman.

Lebih dari itu setiap wadah plastik sudah dibekali dengan kode masing-masing. Kode ini disimbolkan dengan angka 1 sampai 7. Inilah kode tipe wadah plastik yang harus Anda kenali saat memilih wadah plastik agar mendapatkan wadah yang benar-benar aman.

Kode 1

Wadah plastik yang berlabel angka 1 ini dibuat dari bahan politietilen tereflalat (PET). Karakteristik wadah kode 1 ialah jernih, kedap gas dan air, kuat tapi tidak bersahabat dengan suhu panas yang mencapai 80 derajat celcius.

Kode angka 1 ini bisa ditemukan pada kaleng minuman, botol sambal, botol kemasan hingga botol kecap.

Kode 2

Wadah plastik dengan kode ini terbuat dari high density polythylene (HDPE). Umumnya wadah ini akan melunak dan lembek ketika berada pada suhu 75 derajat celcius. Wadah plastik dengan kode 2 ini terdapat pada botol minuman jus atau botol susu cair serta tutup plastik.

Kode 3

Kode 3 ini disematkan pada wadah plastik yang mengandung polivinil klorida (PVC). Wadah ini dimanfaatkan untuk tempat kecap, minyak sayur, minuman kemasan, dan beberapa jenis pembungkus makanan. Karakteristik wadah plastik ini adalah keras, kuat dan akan melunak pada suhu yang mencapai 80 derajat celcius.

Kode 4

Wadah dengan kode 4 ini sering ditemukan pada kemasan yoghurt. Wadah ini merupakan plastik berjenis low density polythylene.

Kode 5

Botol susu bayi merupakan salah satu wadah yang memiliki kode 5 ini. Terbuat dari polipropilen dengan karakter keras namun fleksibel membuat wadah jenis ini aman untuk digunakan. Wadah plastik kode 5 ini tahan pada suhu panas, minyak panas bahkan juga tahan dengan suhu 140 derajat celcius.

Kode 6

Kode 6 bisa ditemukan pada sterofoam, gelas sekali pakai, serta kemasan makanan siap saji. Jenis plastik yang digunakan adalah polystyrene dan lemah terhadap suhu panas.

Kode 7

Kode 7 cukup berbeda dari kode-kode lainnya. Kode 7 ini menunjukkan bahwa wadah plastik tersebut merupakan hasil daur ulang. Selain tulisan kode 7, ada pula tulisan OTHER di bagian bawah segitiga.

Jenis plastik yang dipakai pada kode 7 ini ada 4: ABS (acrylonitrile butadinene styrene), SAN (styrene acrylonitrile), Nylin dan PC (polycarbonate). Kode 7 ini tidak aman digunakan sebagai tempat menyimpan makanan atau minuman.

Demikianlah 7 tipe wadah plastik yang perlu Anda ketahui. Dari uraian di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa wadah plastik dengan kode 1,2,4 dan 5 masuk ke dalam kategori food grade sehingga aman digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman. Sedangkan kode 3, 6 dan 7 sangat tidak disarankan untuk dipakai sebagai tempat makanan atau minuman. Pastikan Anda teliti saat memilih wadah plastik ya!

Leave a Reply

Top