You are here
Home > Bisnis

Investasi Reksadana, Memilih Reksadana yang Tengah Berkembang

Bukareksa

Berinvestasi menjadi tindakan pintar yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan hari tua yang lebih baik, dan bisa dimulai sejak sekarang. Ada banyak produk investasi bisa dipilih, ada yang bergerak di pasar modal ada pula yang tidak maka baiknya pilih yang memang sesuai dengan tujuan Anda. ketika menghendaki investasi yang fleksibel dan mudah dipelajari kemungkinan akan sangat cocok memilih investasi reksadana  yang memang cukup populer di kalangan investor.

Reksadana sendiri merupakan sejenis investasi yang memadukan atau mengumpulkan dana dari beberapa investor. Sehingga beban investasi menjadi sangat ringan bahkan dikenal sebagai investasi yang mudah dijalankan oleh pemula yang kebetulan terdesak oleh modal yang terbatas. Reksadana sendiri juga dikenal sebagai investasi yang tidak hanya memberi keuntungan namun juga memberikan resiko yang lebih terbatas. Maka akan menjadi langkah awal yang tepat memulai tindakan investasi demi masa depan yang memang lebih baik.

Bukareksa

Kiat Pintar Berinvestasi dengan Reksadana

Ada beberapa produk investasi pasar modal yang sangat populer dan diminati oleh hampir semua investor, yakni saham dan reksadana. Kalau saham dirasa terlalu menantang karena resiko yang dibebankan terbilang sangat tinggi maka pilih yang lebih aman yakni reksadana. Menanamkan dana ke reksadana pun baiknya tidak secara asal sebab baiknya paham strategi dan kiat supaya tindakan investasi ini berakhir menguntungkan. Maka simak beberapa kiat pintar berikut ini:

  • Cermat memilih broker yang mengelolanya,

Langkah awal untuk sukses berinvestasi maka penting untuk memilih broker secara jeli, termasuk saat memilih investasi reksadana. Sebab dana atau modal investasi Anda nantinya akan diserahkan ke broker untuk kemudian dikelola. Pertimbangkan broker berpengalaman sehingga terjamin terpercaya sekaligus memperbesar kemungkinan dikelola secara profesional dan memperkecil resiko kerugian. Ada banyak broker terkemuka di tanah air dan beberapa menawarkan jasanya sembari bekerjasama dengan situs jual beli online sehingga mempermudah proses investasi.

  • Awali dengan modal yang terbatas,

Setiap investor memiliki taktik tersendiri untuk menekan kerugian namun mampu memaksimalkan keuntungan. Secara klasik metode berinvestasi dengan modal terbatas menjadi solusi yang layak untuk ditiru semua investor pemula. Tujuannya untuk menghindari kerugian skala besar, terlebih jika memang masih dalam ajang coba-coba maka tidak perlu menggelontorkan dana dalam jumlah tinggi. Sedikit saja dan lihat perkembangannya sembari mempelajari teknik berinvestasi lebih cerdas dengan reksadana. Kalau mau bersabar dan giat maka dijamin sukses bersama reksadana bisa dirasakan.

  • Mulailah membeli beberapa jenis reksadana sekaligus,

Perlu diketahui pula bahwa reksadana yang ada di pasar modal terbagi ke dalam beberapa jenis dan masing-masing juga punya kelebihan dan kekurangan. Sebagai langkah untuk membuat dana investasi lebih aman maka pilih beberapa jenisnya sekaligus namun menanamkan dana dalam jumlah terbatas. Misalnya Rp 100 ribu di reksadana A dan Rp 100 ribu lainnya di reksadana B, sehingga ketika satu rugi masih punya harapan di satunya untuk memperoleh keuntungan.

  • Memilih reksadana yang tengah berkembang,

Sebagai investor untuk produk reksadana ternyata masih memiliki kesempatan menentukan reksadana mana yang hendak dibeli. Dianjurkan bagi pemula memilih reksadana yang masih berkembang bukannya dimiliki perusahaan yang tengah di puncak kesuksesan. Sebab untuk tujuan investasi jangka panjang menaruh dana di perusahaan baru tentu lebih cocok sebab akan terus berkembang. Sementara perusahaan di puncak kesuksesan rentan terguling, maka cerdaslah dalam investasi reksadana supaya tidak buntung melainkan untung.

Leave a Reply

Top