You are here
Home > Bisnis

Inilah 4 Pilihan Bisnis yang Ideal Dijalankan untuk Lansia

Terbiasa bekerja dengan target yang ketat membuat masa pensiun Anda akan terasa sangat membosankan dan rentan menimbulkan stress. Baiknya mengisi masa pensiun dengan beragam kegiatan bermanfaat dan tidak melulu berupa menguras dana pensiun di rekening pribadi. Berlibur boleh saja sembari menikmati masa tua bersama pasangan yang setia menemani masa-masa sulit dan senang yang dirasakan. Akan tetapi jangan berlebihan sebab bisa jadi dana pensiun yang disiapkan sudah terkuras habis dan Anda masih segar bugar.

Bisnis

Pilihan Bisnis Ideal Bagi Lansia

Mau makan dari mana padahal Anda sudah tidak berpenghasilan? Maka, cobalah menjalankan bisnis untuk mewarnai masa pensiun Anda namun pilih bisnis yang mendukung. Berikut beberapa pilihan idealnya:

  1. Membuka bisnis toko kelontong,

Masa senja baiknya dinikmati dengan kegiatan yang bermanfaat salah satunya dengan berbisnis supaya bisa tetap berpenghasilan meski sudah lama pensiun. Bisnis yang aman dijalankan kalangan lansia adalah dengan membuka toko kelontong di depan rumah. Sediakan sembako, dan Anda tidak perlu promosi atau apapun untuk menggaet pembeli karena berasal dari tetangga sekitar. Bisnis yang mudah dijalankan dan minim resiko sehingga cocok untuk mengisi hari tua.

  1. Membuka perkebunan bunga,

Hobi berkebun bisa dimanfaatkan ketika memasuki usia pensiun untuk membuka sebuah perkebunan bunga. Dewasa ini banyak orang suka menghijaukan rumahnya sehingga hobi membeli tanaman hias, baik daun maupun yang berbunga. Mengapa Anda tidak mencoba membangun perkebunan bunga? Peminatnya banyak dan mudah untuk dijalankan serta tidak membutuhkan banyak tenaga kerja yang kadang bisa dikelola sendiri. Selain bisa dijual per pot maupun per polybag, hasil kebun bisa dijual dalam bentuk bunga potong.

  1. Menjalankan bisnis konsultan,

Pengalaman Anda di dunia bisnis memang minim sebab selama ini mengabadikan diri kepada perusahaan yang membantu memenuhi segala kebutuhan hidup Anda. Akan tetapi ketika memasuki usia pensiun tentu akan terasa jenuh hanya duduk manis sembari menyeruput teh ataupun kopi hangat di teras rumah. Manfaatkan pengalaman kerja Anda belasan dan puluhan tahun di sebuah perusahaan dengan mendirikan bisnis konsultan. Ketika menjabat sebagai pegawai akuntan, Anda bisa menjadi seorang advisor keuangan yang tentu dibutuhkan banyak orang.

  1. Mendirikan kost-kostan,

Menjelang masa pensiun tentunya Anda sudah menyiapkan dana tabungan, manfaatkan sebagian untuk berbisnis. Salah satu pilihan yang menarik sekaligus ideal dijalankan di saat tubuh sudah tidak lagi muda adalah mendirikan kontrakan atau kost-kostan. Cukup membangun sebuah bangunan dengan ukuran 4 meteran dan disewakan baik bulanan maupun tahunan. Bisnis ini cocok untuk lansia karena tidak direpotkan dengan laporan ini itu, masa tua pun bisa membuat Anda tetap menerima penghasilan rutin dan jumlahnya lumayan dari hasil sewa.

Leave a Reply

Top