You are here
Home > Keluarga

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengunakan Krim Bayi dan Kosmetik Bayi lainnya

Tips Menggunakan Krim Bayi

Krim bayi menjadi andalan para ibu untuk membantu menjaga kesehatan kulit bayi. Apalagi bayi masih sangat sensitif terhadap gangguan-gangguan kulit tertentu. Pemberian produk kosmetik bayi termasuk krim bayi yang tepat dapat membantu Anda merawat kulit bayi sehingga kulit tetap sehat.

Tips Menggunakan Krim Bayi

Bicara tentang kosmetik bayi sepertinya memang tidak akan jauh-jauh dari krim bayi, sabun bayi, shampoo bayi dan lainnya. Namun, sudahkah Anda mengetahui kriteria produk kosmetik bayi yang disarankan? Apabila belum, berikut akan kami informasikan tentang hal-hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan kosmetik bayi.

Sabun bayi

Meski sabun bayi telah diformulasi dengan bahan yang aman untuk kulit, namun tidak semua kulit bayi bersahabat dengan sabun bayi yang dijual di pasaran. Hal ini tidak terlepas dari sifat kulit bayi yang sensitif. Dalam hal ini tersedia dua jenis sabun bayi, ada yang padat dan cair. Sabun dengan pH seimbang akan membantu menjaga kesehatan kulit bayi.

Ibu-ibu modern umumnya akan memilih sabun bayi yang berbentuk cair karena dinilai lebih praktis. Kendati demikian, ada pula bayi yang tidak cocok dengan sabun cair karena sabun tersebut mengandung pewarna dan pewangi. Baca keterangan produk dengan seksama untuk memastikan bahwa produk tersebut aman. Jika dalam pemakaiannya menimbulkan iritasi kulit, sebaiknya segera berhenti menggunakan sabun tersebut.

Hair lotion

Rambut bayi juga harus dijaga kesehatan dan keharumannya. Jika orang tua Anda dulu mengandalkan seledri untuk menjaga kesehatan rambut bayi, kini Anda bisa memilih untuk menggunakan kosmetik bayi yang lebih praktis.

Meski begitu tetaplah berhati-hati ketika memilih hair lotion. Ada baiknya Anda meminta rekomendasi dari dokter atau kerabat. Hindari menggunakan beberapa jenis hair lotion pada anak. Ingat, anak bukanlah media percobaan. Jangan karena terobsesi rambut tebal hingga akhirnya Anda menomorduakan kesehatan rambut si kecil.

Bedak bayi

Bedak bayi akan membuat kulit bayi terlindungi dan terjaga kelembutannya. Namun pastikan Anda memilih bedak bayi yang tidak mengandung parabean supaya kulit bayi tetap aman. Hindari memberikan bedak pada area lipatan seperti leher, ketiak, selangkangan dan lainnya. Area-area tersebut mudah berkeringat sehingga memungkinkan bayi mengalami biang keringat.

Krim bayi

Karena kulit bayi masih sangat rentan terkena gangguan gulit, maka Anda harus rutin mengoleskan krim bayi setiap kali bayi selesai mandi. Tidak perlu berlebihan, cukup digunakan ketika selesai mandi saja.

Namun apabila cuaca di luar cukup panas, tidak ada salahnya jika Anda mengoleskan baby cream lagi. Dengan begitu kulit bayi tetap terjaga kelembabannya.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan produk kosmetik bayi. Mengingat tidak semua produk kosmetik tersebut cocok untuk kulit bayi, upayakan untuk benar-benar selektif ketika memilih dan membeli kosmetik bayi. Pilihlah yang benar-benar aman dan berkualitas.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Leave a Reply

Top