You are here

6 Kawasan Industri yang Paling Cocok untuk Rumah Dijual di Semarang

Rumah dijual di Semarang pada kawasan industri memang paling diidam-idamkan. Bahkan rata-rata bisa terjual laris di pasaran. Iklan-iklan mengenai rumah yang dijual di daerah Semarang yang sering kita temui di media online maupun media cetak pun sangat cepat silih berganti karena memang sebagian besar sudah laku terjual.

Rumah Dijual Semarang

Kira-kira kenapa? Ada apa dengan kota yang satu ini? Soalnya gampang sekali kalau mau cari kerja di sana. Bukankah makan, tempat tinggal, dan pakaian adalah kebutuhan primer manusia? Sembari kerja, Anda pun bisa mencicil rumah yang berada di kawasan ini. Nah, ini dia referensi 6 kawasan industri yang paling cocok.

  1. Pringapus

Keseluruhan lahan yang ada di Pringapus itu memiliki luas sekitar 167 hektare. Beberapa pabrik yang ada di Pringapus antara lain pabrik furnitur Pinako. Di pabrik ini khusus untuk pembuatan beragam perabot rumah tangga, mulai dari meja, kursi, dan lainnya. Selain itu, ada pula pabrik garmen seperti milik PT Ungaran Sari Garment.

Sebetulnya masih banyak juga pabrik yang ada kalau mau dirinci. Di sana juga ada pabrik motor yang mana masih cukup baru. Namanya PT Phapros. Dengan fakta, bahwa lokasi rumah yang berdekatan dengan sejumlah pabrik itu, maka Anda akan mudah mencari kerja maupun mendirikan usaha setelah akad pembelian rumah selesai.

  1. Kawasan Industri Wijaya Kusuma

Kawasan Industri Wijaya Kusuma ini adalah bagian dari BUMN yang bergerak di sektor industri. Secara otomatis, rumah yang Anda beli di kawasan ini pun sangat potensial untuk terus meningkat nilainya tiap tahun. Memangnya industri apa yang dijalankan oleh Wijaya Kusuma? Badan usaha ini menjalankan bisnis sebagai pengembang kawasan ini.

Tentu saja berkaitan dengan penjualan kaveling tanah yang sudah siap bangun, sewa bangunan gudang, dan sewa bangunan pabrik yang siap pakai. Kawasan ini memiliki luas lahan sebanyak 250 hektare. Sementara yang digunakan untuk kaveling industri seluas 175 hektare. Bersamaan dengan aktifnya badan usaha ini, maka fasilitas umum bermunculan.

  1. Tengaran

Mengapa kawasan industri ini sangat cocok untuk menempati rumah dijual di Semarang? Kawasan Tengaran terletak di ujung selatan Kota Semarang. Di sana ada jalan yang menghubungkan antara Solo, Yogyakarta, dan juga Semarang. Jadi sering dikenal dengan nama Joglosemar. Bahkan sudah ada media cetaknya dengan nama yang sama.

Secara iklim, kawasan ini memiliki curah hujan rata-rata 23,44 mm. Otomatis, suhu yang berembus di sana sangat sejuk. Itulah kenapa kawasan ini sangat cocok untuk ditinggali Anda. Penghuni Tengaran rata-rata didominasi oleh kaum lelaki. Oleh karena itu, banyak sektor industri bergerak di sana, seperti pabrik kayu dan semacamnya.

  1. Susukan

Kawasan Susukan ini cukup istimewa karena rata-rata per wilayahnya sudah menggunakan swasembada atau mandiri. Inilah yang mendorong majunya kawasan Susukan. Bandingkan dengan kawasan yang masih tergantung dengan pemerintah. Biasanya malah banyak unjuk rasanya daripada berkarya sendiri-sendiri.

Maka, tidak jarang kalau industri yang bergerak di bidang suvenir pun sangat maju di Semarang. Contohnya yang diampu oleh Vanilla Dompet Mika yang produknya sudah terjual luas. Banyak sektor industri yang maju di Susukan. Selain suvenir, ada pula produsen lilin hias, distributor bata ringan, dan lainnya.

  1. Bawen

Dibanding dengan Susukan, kawasan Bawen bolehlah dikata lebih ramai. Beberapa industri yang cukup terkenal di Bawen antara lain Apac Inti Corpora, Star Wig, Coca-Cola, dan lainnya. Perusahaan yang disebutkan tadi sudah banyak menyerap tenaga kerja dari Semarang dan juga daerah lain yang merantau ke Semarang.

Di Bawen juga terdapat tol yang menghubungkan Semarang sampai Solo. Tidak heran kalau banyak yang berminat meminati rumah dijual di Semarang. Temperatur udaranya tidak terlalu panas, justru sangat sejuk. Soalnya banyak perkebunan juga yang dilestarikan di Bawen untuk mengimbangi sektor industri yang ada.

  1. Kota Semarang

Kalau menyebut kawasan industri di Semarang, tentu tidak bisa lepas dari peranan Kota Semarang. Jelas kalau Kota Semarang sangat cocok untuk ditempati. Soalnya banyak sekali perusahaan yang berinvestasi di Kota Semarang, seperti PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, CV Bina Usaha, dan lainnya. Itulah yang membuat kawasan ini sangat potensial.

Hanya saja, harga rumah yang ditawarkan tentu lebih tinggi daripada kawasan industri yang disebutkan sebelumnya. Barangkali ada yang murah, misalnya yang sudah bersubsidi dari pemerintah langsung. Berapa pun tingginya harga rumah, sebetulnya kalau mau ditilik dari sudut pandang investasi, balik uangnya lebih cepat dari daerah lainnya.

Itulah 6 kawasan industri yang paling potensial untuk ditempati dalam pembelian rumah dijual di Semarang. Daripada hanya berstatus “perantau”, bukankah lebih baik jadi penghuni tetap di sana? Mumpung sekarang pemerintah masih menerapkan program “Sejuta Rumah untuk Rakyat Indonesia” yang rata-rata seharga 148 juta.

Leave a Reply

Top